Friday, July 18, 2008

Hari-hari Demi LP

Gimana rasanya kuliah di jaman modern tapi kudu make alat tradisionil? Ga’ enak Nyong (ga praktis, bikin repot, ngeselin, ngeki’in, ngebosenin, plus nyusahin). Tapi yg kyk bgini msh sering terjadi di Indonesia tercinta.

Skitar tengah semester ganjil (kuliah semester pertama gw - coz gw mahasiswa baru), beberapa mata kuliah yg gw ikutin (MK praktek) mewajibkan mahasiswanya untuk ngebuat laporan pendahuluan (LP) pake mesin tik, bleehh… cape’ deeh.

“LP dan LA (laporan akhir) dikumpulin minggu depan. Awass!!! Kalo ada salah satunya yg ga ngumpulin, ga boleh ikut praktek, absent dianggap alpa, nilai keaktipan dikurangi, bla..bla..blass…”

Kata Aslep (asisten laboratorium praktek) berinisial AM (*nama disamarkan untuk mencegah hal2 yg dpt membahayakan kelangsungan hidup gw, hiks…).




“Buset, judes banget sich ni org.” kata tmen gw Jamal (*naah, kalo yg ini nama tmen gw beneran).

Stelah itu hari2 pun bergulir dgn cepatnya.

^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^

H -6 (*baca : ha min enam) >>

Waktu gw lagi bengong tau2 kpikiran ama ultimatum si AM, jadi gw mulai start cari-cari info tentang tempat pengetikan. Tanya kiri-kanan cas cis cus aiueo…

^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^

H -5 >>

Gw ama tmen-tmen gw men-survey rental ngetik skitar kampus. Hasilnya, ada skitar 5 lokasi (setahu gw), 2 diantaranya slalu ngantri, 1 biasa aja, & 2 yg laen sering sepi coz alatnya terlalu antik sampe’2 sussah bwat ngetik.

^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^

H -4 >>

Tmen gw (Andri) ditawarin mesin tik gratis ama kk kls (hari genee grateez? Pasti ada apa2nya).

Pas jam kuliah abis, gw ama tmen gw (Adrianus) ke kosan si Andri, buat ngecek mesin tik. Waktu gw liat langsung pake bola mata kepala gw sendiri mesin tiknya, gw takjub. Tuh kan, bener filing gw pasti ada apa2nya.

Ternyata mesin tiknya… abnormal (mau dibilang rongso---… malu gw ngomongnya, kan gw msh butuh !^_^). Mesin tik dengan tampilan angker terpampang di pojok kamar kosan, baut2nya pada kececeran, tombol2nya banyak yg udah wassalam, dan yg paaaling ga terlupakan - bagian bodi plastiknya yg pecah memberi kesan benda keramat zaman megalitikum (halah..). Pokoknya mesin tik itu blm bisa dipake, tapi berhubung lagi butuh ya… sikat ajagh.

^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^

H -3 >>

Tmen gw (si Andri ama Adrianus), nyoba ngebenerin mesin tik warisan

Andri : “Kyknya seret kurang minyak nih.”

Anus : “Ya udah, kasih minyak aja.”

Anus : “Lho kok pake kecap?”

Andri : “Sama aja, sama2 licin.”

Anus : “Ntar tambah rusak Cummi’.”

Alhasil, mesin tik makin ga karuan parahnya, sorenya mesin tik warisan udah jadi markas semut.

gW : “Makin sekarat ajah warisan lw, Ndri.”

Anus : “Lagian, masa’ dikasih kecap Ji, ya jelas tambah rusak lah.”

Andri : “Maksud guwa biar rada2 licin geto. Ah, lw gimana sih?”

gW : “Tp kira2 jg Ndri, lw kira sate pake dikecapin.”

Anus : “Ywdah, ke tukang servis sono, ntar keburu sore, gw mo balik.”

Mesin tik ditinggal di tempat servis, kata tukangnya besok baru bisa bener.

^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^

H -2 >>

Mesin tik udah sehat, gw cari jawaban LP di kertas buram, si Andri ama Jamal ngebikin LA di komputer, terus si Adrianus ngetik LP.

Hari itu jg semua LA slesai, tapi LP si Jamal blm slesai diketik, jd tugas si Adrianus bwt ngetik LP Jamal dibawa balik.

^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^

H -1 >>

^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^

Hari H-nya >>

Jam stengah 3 siang pas. Harusnya jam sgini praktek dimulai, tp si Adrianus ga nongol2. Jamal mulai mandi kringat. Berhubung posisi gw ama Andri udah aman (udah megang LP ama LA), jd gw ama Andri ngusilin si Jamal

“Haayooo lo Mal, si Adrianus kga dateng, LP lw kga bakal ada. Tadi skitar jam satu dya SMS gw hari ini ga ikut praktek, kalo ga percaya tanya Andri dah!” Kata gw ke Jamal sambil cengar-cengir.

“Iya, katanya sakit kepala td.” Si Andri ikutan cengir-cengar.

“Astaghfirullahaladziem, yg bener lw, paling bentar lg datang. Lw jangan bo’ong, inget dosa! Gw tau lw lagi nakut2in gw.” Kata Jamal pake gayanya yg sok ustad sambil maksain ikutan senyum2 tp ekspresi harap2 cemasnya tetep keliatan.

“Ywdah Mal kalo gitu, nyantai aja kalee, ga usah ampe kuyub-kuyub getoh wakakakakakak…” gw ama Andri ngakak.

“1ka06 masuk!” Aslep berinisial AM memanggil seluruh anggota kelas kami dgn garangnya dari pintu Lab. Komputer.

“Laa illah ha illallah.” Mulut Jamal refleks seakan mengharap belas kasihan-Nya, tampang Jamal pun skrng kyk mujahid kalah perang.

“Hiyaa lo…” gw ama Andri makin ngakak ngeliat Jamal yg lagi panic2nya (tega bgt gw ^_^).

Jamal mondar-mandir trus terduduk lesu sambil masang muka putus asa. Beruntung buat si Jamal, Adrianus nongol dari jauh sambil jalan rada’ ter-birit2.

“Alhamdulillaaaaaaaaah.” Jamal tersenyum legha bagai menang perang Badar.

“TERKUTUKLAH SYAITON NIRROJIIIM.” Kata Jamal noleh cengengesan ke arah gw ama Andri.

***


2 comments: